Setiap satuan pendidikan wajib Melakukan registrasi Akun Sekolah LTMPT baik sekolah Formal maupun sekolah Non Formal karena dengan terdaftarnya sekolah pada akun LTMPT maka siswa yang berasal dari sekolah kalian dapat mengikuti SNMPTN dan SBMTPN
Registrasi dan verifikasi akun sekolah LTMPT wajib banget dilakukan oleh setiap satuan pendidikan baik formal ataupun non formal karena tanpa melakukan registrasi akun sekolah di LTMPT maka siswa yang berasal dari sekolah kalian tidak bisa mengikuti SNMPTN dan SBMPTN, atau yang saat ini berubah menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).
Mengingat pentingnya sekolah memiliki akun LTMPT dan masih banyak sekolah yang belum terdaftar dan belum mengetahui caranya, maka update.or.id akan memberikan tutorialnya. Namun sebelum itu kami akan membahas sedikit mengenai LTMPT.
Apa Itu Akun Sekolah LTMPT ?
Akun Sekolah LTMPT merupakan akun yang didaftarkan oleh pihak sekolah dan dimiliki oleh pihak sekolah pada Laman Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai syarat untuk siswa dari satuan pendidikan tersebut mendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).
Fungsi Akun Sekolah LTMPT ?
Fungsinya adalah agar seluruh data siswa pada satuan pendidikan tersebut tersinkronisasi dengan pusat Datata Dapodik dan LTMPT serta pihak sekolahlah yang akan mengunggah data siswa maupun siswi yang eligible untuk mendaftar SNBP atau SNBT.
Nantinya sekolah akan membuat pemeringkatan siswa dan siswinya berdasarkan akreditasnya dimana untuk akreditas A diambil 40% terbaik, Akreditas B diambil 25% terbaik, dan akreditas C hanya 5% terbaik.
Siapa Saja Yang Dapat Mendaftarkan Akun LTMPT Untuk Sekolah ?
Untuk pendaftaran akun LTMPT sendiri biasa dilakukan oleh Ketua Yayasan, Operator Yayasan, Kepala Sekolah atau Operator Sekolah karena mereka inilah yang berperan penting nantinya serta mengingat akan penting dan rahasianya akun tersebut.
Syarat Mendaftar Akun Sekolah LTMPT

- Satuan Pendidikan wajib sudah terdaftar secara resmi dibuktikan dengan NPSN
- Satuan Pendidikan Sudah terdaftar pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dibuktikan dengan Kode Registrasi Sekolah
Alur Registrasi dan Verifikasi Akun Sekolah LTMPT
- Mendaftar Akun
- Melakukan Aktifasi
- Melakukan verifikasi dan Validasi Akun
Dapat dilihat dari keterangan diatas dimana terdapat 3 alur yaitu :
Sekolah wajib mendaftarkan akun menggunakan NPSN dan Kode Registrasi Dapodik kemudian melakukan aktifasi akun menggunakan alamat email dan yang terakhir adalah verifikasi dan validasi akun.
Langkah Registrasi dan Verifikasi Akun Sekolah LTMPT

1. Mengunjungi laman LTMPT
Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunjung laman resmi LTMPT pada url https://portal.ltmpt.ac.id/ kemudian klik tombol daftar untuk mendaftarkan akun.
2. Klik Daftar Pada Pilihan Sekolah
Setelah kalian klik daftar pada laman utama LTMPT maka kalian akan diarahkan ke halaman pilihan mendaftar, dimana pada laman tersebut terdapat dua pilihan yaitu Siswa dan Sekolah. Karena kita akan mendaftarkan akun sekolah maka silahkan klik tombol daftar pada pilihan Sekolah.
3. Masukkan NPSN dan Kode Registrasi Dapodik
Langkah ketiga adalah memasukkan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan Kode Registrasi Pusdatin Kemdikbud. Bagi yang belum tau apa itu kode registrasi pusdatin Kemdikbud adalah kode registrasi sekolah dapodik.
Bagi kalian yang tidak tahu NPSN sekolah kalian, kalian bisa cek melalui online dengan langkah berikut ini Cara Cek NPSN Online. Sedangkan bagi kalian yang tidak mengetahui atau lupa dengan Kode Registrasi Sekolah kalian bisa melihat caranya pada link berikut Cara Melihat Kode Registrasi Sekolah.
Setelah kalian mengisi datanya silahkan klik tombol Selanjutnya untuk melanjutkan pembuatan akun.
4. Masukkan Informasi Data Pendaftar
Pada langkah keempat kalian akan diminta untuk memasukkan informasi data pendaftar. Pada tahap ini silahkan masukkan data ketua yayasan, operator yayasan, kepala sekolah atau operator sekolah.
Namun ada baiknya menggunakan data kepala sekolah atau operator sekolah karena kedua orang ini yang lebih bersangkutan dengan sekolah. Karena yayasan pada umunya memiliki banyak sekali sekolah yang dinauingnya. Setelah selesai mengisi data lengkap silahkan klik tombol Daftar untuk melanjutkan.
5. Aktifasi Akun
Selanjutnya kalian wajib melakukan aktifasi akun melalui link yang dikirimkan ke alamat email terdaftar. Pastikan kalian melakukan aktifasi melalui link tersebut ya, karena jika tidak maka akun kalian tidak dapat dibuat.
Untuk linknya sendiri biasa masuk ke folder Email masuk. Namun jika tidak ada, silahkan periksa juga folder spam karena ada kemungkinan masuk ke folder tersebut.
6. Verifikasi Data Sekolah
Setelah berhasil mendaftar dan mengaktifasi akun maka langkah selanjutnya adalah melakukan verifikasi data sekolah.
Untuk melakukannya kalian wajib melakukan login ke portal ltmpt kemudian login dengan alamat email dan password kalian.
7. Pilih Menu Verifikasi Data Sekolah Atau Siswa
Setelah berhasil login maka langkah selanjutnya adalah klik menu Verifikasi Data Sekolah Atau Siswa pada laman dashboard LTMPT untuk melakukan Verifikasi.
8. Cek Data Siswa
Langkah terakhir adalah kalian melakukan cek data siswa pada daftar siswa yang muncul. Apabila terdapat keselahan silahkan kalian perbaiki melalui aplikasi dapodik dan lakukan sinkronisasi dapodik agar data tersebut update.
Itulah tadi Cara Registrasi Dan Verifikasi Akun Sekolah LTMPT yang dapat kami berikan. Semoga membantu kalian.
Tutorial Lupa Password Akun Sekolah LTMPT

Apabila kalian lupa password akun kalian silahkan lakukan reset kata sandi dengan langkah berikut ini :
- Kunjungi portal ltmpt
- Klik tombol login
- Klik tulisan lupa kata sandi ?
- Masukkan Alamat email akun
- Klik tombol lupa password
- Link reset dikirimkan ke alamat email
- Klik reset password yang dikirmkan ke alamat email
- Masukkan Password baru
- Selesai
Itulah informasi dan tutorial yang bisa update.or.id berikan. Semoga membantu kalian.