Mungkin sebagian dari kalian sudah pernah mendengar tentang aplikasi milik PLN ini atau mungkin sudah menggunakannya. Namun, meski demikian masih banyak pelanggan yang belum mengetahui ataupun sudah menggunakan tapi belum mengetahui fitur-fitur penting yang tersedia pada aplikasi PLN Mobile Ini.
Untuk itu Pada artikel ini update.or.id akan memberikan informasi serta review mengenai aplikasi PLN Mobile yang wajib banget kalian miliki karena memiliki fitur yang sangat bermanfaat serta memiliki banyak keungguan jika kalian menggunakan aplikasi milik PT. PLN ( PERSERO ) ini.
Apa Itu PLN Mobile?
Aplikasi PLN Mobile adalah aplikasi milik PT PLN ( PERSERO ) yang dikhususkan bagi seluruh pelanggan PLN di Indonesia tanpa terkecuali.
Aplikasi ini sendiri memiliki banyak fitur penting, manfaat hingga informasi-informasi penting mengenai PLN mulai dari informasi promo, pemasangan baru, cek tagihan, bayar tagihan, beli token hingga pelaporan gangguan.
Fitur Aplikasi PLN Mobile
1. Notifikasi Pemadaman Listrik
Fitur pertama yang akan kami bahas adalah fitur notifikasi pemadaman listrik dimana pada fitur ini kalian akan mendapatkan informasi mengenai jadwal pemadaman listrik yang akan dilakukan di sekitar lokasi kalian serta kemungkinan waktu pemadaman.
Dengan adanya notifikasi ini tentu saja membuat kita sebagai pelanggan listrik lebih dapat mengetahui kapan terjadinya pemadaman dan perkiraan waktunya.
Meskipun notifikasi yang ditampilkan menurut update.or.id belum lengkap karena belum adanya informasi rinci terkait pemadaman yang terjadi contoh pemadaman listrik yang terjadi karena permasalahan apa dan terkadang notifikasi ini lambat tapi sudah cukup untuk memberikan informasi.
Cara Mengetahui Informasi Pemadaman Listrik
- Login ke aplikasi PLN Mobile
- Pilih menu Notifikasi atau gambar lonceng pada bagian bawah aplikasi
- Akan muncul informasi terkait pemadaman yang terjadi
2. E-Billing
Fitur kedua adalah E-Billing dimana pada fitur ini kalian akan mendapatkan informasi tagihan secara rinci yang akan dikirimkan ke alamat email terdaftar dimana pada email yang dikirimkan berisikan tentang total tagihan yang harus dibayarkan. Dengan adanya fitur ini maka kita tidak perlu repot melakukan pengecekkan tagihan listrik kita.
Cara Setting E-Billing
- Login ke aplikasi PLN Mobile
- Pilih menu E-Billing
- Silahkan aktifkan atau nonaktifkan e-billing
3. Notifikasi Tagihan Listrik
Fitur yang ketiga masih seputar tagihan listrik dimana pada setiap tanggal 5 kalian akan melihat notifikasi mengenai tagihan listrik kalian ketika kalian melakukan login ke aplikasi PLN Mobile.
Melihat Notifikasi Tagihan Listrik
Untuk melihat tagihan listrik kalian cukup melakukan login ke aplikasi dimana pada halaman awal kalian akan melihat notifikasi tagihan listrik yang belum dibayarkan. Notifikasi ini sendiri biasanya muncul mulai tanggal 3 hingga tagihan terbayarkan.
4. Catat Meter
Fitur keempat adalah fitur catat meter dimana pada fitur ini kalian bisa melakukan pencatatan meteran Kwh PLN kalian setiap bulannya mulai tanggal 23 hingga tangga 27 setiap bulannya.
Dengan adanya fitur ini kita bisa mengirimkan langsung kepada PPL terkait pencatatan meter tanpa perlu menunggu datangnya petugas pencatatan meter PLN.
Selain itu, pada fitur ini juga akan terlihat berapa pengunaan kalian dari bulan sebelumnya hingga bulan ini serta kalian juga akan mendapatkan informasi terkait perkiraan tagihan yang harus dibayarkan pada bulan selanjutnya.
Cara Catat Meter
- Login aplikasi PLN Mobile
- Pilih Menu Catat Meter
- Klik tombol mulai SwaCam
- Foto Kwh meter
- Masukkan angka yang tertera pada kwh
- Kirim
5. Pembelian Token dan Pembayaran Tagihan
Fitur kelima adalah fitur pembelian token listrik dan pembayaran tagihan dimana pada fitur ini kalian bisa melakukan pembelian token listrik dan pembayaran tagihan listrik langsung melalui aplikasi PLN Mobile.
Untuk metode pembayarannya sendiri sudah support banyak metode mulai dari Virtual Account ( Bank BTN, CIMB, BRI, BCA, BNI dan Mandiri ), Kartu Debit ( BCA Oneclick, Mandiri Debit dan BNI ), Dompet Digital LinkAja Syariah, Dana, LinkAja App, Gopay, ShopeePay dan Ovo, Kartu Kredit Mandiri, BNI, Doku.
Jadi kalian tidak perlu repot lagi untuk melakukan pembayaran tagihan ataupun pembelian token listrik karena bisa langsung membelinya.
Cara Membeli Token & Pembayaran Tagihan
- Login ke aplikasi PLN Mobile
- Pilih Menu Token & Pembayaran
- Pilih Nomor pelanggan
- Lakukan pembelian / pembayaran tagihan
- Pilih metode pembayaran
6. Perubahan Daya
FItur keenam adalah fitur perubahan daya dimana pelanggan dapat melakukan pengajuan perubahan daya ( penambahan daya ) langsung dari aplikasi PLN Mobile tanpa harus mengunjungi kantor PLN yang memerlukan waktu dan tenaga.
Dengan adanya fitur ini melakukan penambahan daya sangat mudah dan tidak perlu repot lagi dan kalian bisa langsung melihat biaya yang akan dikenakan.
Cara Melakukan Perubahan Daya
- Login Ke aplikasi PLN Mobile
- Pilih menu Ubah daya & Migrasi
- Masukkan informasi detail
- Klik tombol mulai
- Ikuti langkah selanjutnya
7. Simulasi Biaya
Fitur ke tujuh adalah fitur simulasi biaya dimana kita dapat melihat perkiraan biaya untuk pemasangan baru, perubahan daya dan pemasangan sementara.
8. Internet
Fitur kedelapan adalah fitur internet dimana fitur ini terhubung dengan layanan internet milik PLN yaitu Iconnect yang memungkinkan pelanggan melakukan pemsangan baru hingga mengatasi permaslahan yang ada.
9. Pengaduan
Fitur kesembilan adalah fitur pelaporan dimana fitur ini adalah fitur yang sangat penting dan menurut update.or.id sangat bermanfaat bahkan sangat bagus karena fitur yang satu ini telah support atau terhubung denga customer service online 24 jam melalui online chat.
Dengan adanya fitur ini pelaporan permasalahan yang terjadi terkait PLN akan lebih mudah dan lebih cepat ditanggapi bahkan prosesnya lebih cepat dibandingkan dengan melakukan pelaporan ke kantor langsung yang berbelit-belit.
Fitur pengaduan dengan chat online dengan CS pun terhubung dengan cepat serta kita bisa mengirim video dan gambar terkait permasalahan yang terjadi sehingga kita bisa menginformasikan secara detail permasalahan yang terjadi.
Pengalaman Menggunakan Fitur Pengaduan PLN Mobile
Jika ditanya pengalaman menggunakan fitur ini, team update.or.id sangat puas dengan adanya fitur ini karena sudah menggunakan fitur ini sebanyak 3 kali dan hasil penanganan sangat cepat. Bahkan hari ini tepatnya tanggal 1 April 2023 kami melakukan pengaduan karena daya pln drop yang membuat lampu kedip-kedip seperti lampu disko pada jam 03.00 WIB dan kami melaporkan pada pukul 03.57WIB langsung ditanggapi oleh cs online melalui online chat dan langsung diproses tidak sampai 1 jam setelah pelaporan dibuat.
Dengan pengalaman ini tentu saja sangat membuat pelanggan senang karena pada jam 03.00WIB adalah waktu yang sepi bahkan masih banyak orang tidur tapi customer service pln standby.
Untuk bukti pelaporan 3 kali dan jamnya berikut kami lampirkan.
Selain fitur diatas masih banyak lagi fitur lainnya yang sangat bermanfaat. Jadi rekomendasi banget deh kalian memiliki dan menggunakan aplikasi PLN Mobile.
Itulah tadi informasi terkait PLN Mobil yang bisa kami berikan, semoga membantu kalian.